Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Baca Juga

Diabetes yakni salah satu penyakit berbahaya dan mematikan sehingga untuk itu tak heran apabila orang-orang yang menderita penyakit ini dituntut untuk selalu menjaga teladan makan mereka dan tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan alasannya yakni apabila para penderita diabetes ini nakal dan selalu mengkonsumsi makanan secara sembarangan maka hal ini tentu saja akan menyebabkan kadar gula darah didalam tubuhnya menjadi tidak terkontrol dan cenderung meningkat. Peningkatan kadar gula darah ini tentu saja berdampak negatif bagi penderita diabetes itu sendiri alasannya yakni beresiko memicu terjadinya komplikasi ibarat penyakit jantung, kerusakan syaraf, pusing, kelelahan hingga menurun nya kesadaran.

Nah maka dari itu, bagi Anda para penderita diabetes sangat penting untuk menjaga asupan makanan dan jangan hingga menyantap makanan secara sembarangan biar kesehatan badan Anda tetap terjaga dan penyakit diabetes yang Anda alami tidak semakin parah. Berikut dibawah ini ada beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes yang sangat aman dikonsumsi.

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes



Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes


1. Sayur Brokoli dan Bayam
Makanan sehat yang terbaik untuk penderita diabetes yakni sayur brokoli dan sayur bayam yang dimasak dengan cara dikukus ataupun direbus. Kedua sayur tersebut mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan badan Anda, bahkan sebuah studi pernah melaporkan bahwa para panderita diabetes yang memasukan sayuran hijau ibarat brokoli dan bayam sebagai menu makan harian mereka maka terjadi penurunan resiko diabetes tipe 2 sebesar 14.

2. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Komplek
Kemudian makanan sehat untuk penderita diabetes selanjutnya yakni makanan yang mengandung karbohidrat komplek ibarat nasi merah, kentang panggang, sereal gandum, oats atau roti gandum. Para penderita diabetes juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat biar mereka tetap memiliki energi untuk melaksanakan acara sehari-hari.

3. Daging Tanpa Lemak
Penderita diabetes juga diperbolehkan mengkonsumsi daging tetapi usahakan biar daging yang Anda konsumsi tanpa lemak dan cara memasaknya juga sebaiknya diperhatikan yaitu sebaiknya dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar. So, meskipun Anda terkena penyakit diabetes bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi daging-dagingan tetap diperbolehkan tetapi jangan berlebihan.

4. Buahan Segar
Selain sayur, penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi buahan yaitu baik dikonsumsi secara pribadi ataupun dijadikan sebagai jus. Apabila Anda ingin mengakibatkan jus maka usahakan jangan menambahkan gula pada jus Anda alasannya yakni ini mampu berdampak tidak baik bagi Anda penderita diabetes.

5. Ikan
Makanan terbaik selanjutnya untuk penderita diabetes yakni ikan yaitu ibarat ikan tuna, sarden, salmon atau makarel. Ikan yakni sumber protein yang sangat baik untuk badan kita dan tidak berbahaya bagi penderita diabetes tetapi meskipun demikian tetap waspada didalam memilih ikan, hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi ibarat ikan tongkol alasannya yakni ini sangat tidak cantik untuk kesehatan tubuh.

6. Kacang-Kacangan
Penderita diabetes juga dibolehkan mengkonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang kedelai yang telah diolah menjadi tahu. Sebaiknya Anda mengkonsumsi tahu yang dimasak dengan cara di kukus, lalu jadikan untuk sup atau tumis.

7. Produk Olahan Susu Rendah Lemak
Kemudian makanan selanjutnya yang sangat baik untuk penderita diabetes yakni makanan yang terbuat dari produk olahan susu rendah lemak. Nah, apabila sesekali Anda ingin mengkonsumsi susu maka pilihlah susu rendah lemak alasannya yakni susu rendah lemak tidak akan menyebabkan penyakit diabetes yang Anda alami semakin parah.

8. Telur
Penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi telur tetapi usahakan telur yang Anda konsumsi dimasak dengan cara direbus, bukan digoreng alasannya yakni makanan yang digoreng biasanya sangat berminyak dan ini tentunya sangat tidak baik bagi penderita diabetes.


Itulah makanan sehat untuk penderita diabetes yang mampu Anda masukan kedalam daftar menu makanan harian Anda. Mengkonsumsi makanan sehat yakni salah satu kunci bagi penderita diabetes biar tetap sehat dan panjang umur.
Tag : kesehatan
Back To Top