Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Kapan menstruasi setelah melahirkan ?

Baca Juga

Kapan menstruasi setelah melahirkan ? . Kapan seharusnya terjadi menstruasi setelah melahirkan? 4 Bulan setelah melahirkan belum haid , kenapa ? . Simak ulasan lengkap mengenai waktu kapan terjadinya menstruasi lagi setelah melahirkan disini.

Bagi kebanyakan Ibu yang baru usai melahirkan pasti bertanya-tanya kenapa belum mendapatkan menstruasi setelah usai nifas atau beberapa bulan setelah melahirkan. Begitu pula istri saya. Setelah melahirkan putri ke 1, sudah 4 bulan pasca melahirkan belum juga mendapatkan menstruasi. 

Pada kenyataannya, menstruasi pasca melahirkan pada setiap wanita berbeda-beda, bahkan dari kelahiran pertama dan berikutnya-pun juga bisa berbeda. Hal apa saja yang mempengaruhi, berikut ini ringkasan yang berhasil saya himpun dari beberapa sumber.

Hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh WHO, durasi rentang waktu menstruasi setelah melahirkan umumnya bervariasi antara 4 sampai 10 bulan, namun ada juga yang mencapai 15 – 18 bulan setelah melahirkan.

Menurut Dr. Janfrional durasi menstruasi setelah melahirkan bisa mencapai 18-24 bulan pasca melahirkan jika Ibu menyusui ASI dengan sangat ekslusif sekali. Oleh sebab itu, menyusui ASI bisa menjadi KB alami bagi wanita.

Hal utama yang mempengaruhi durasi datangnya menstruasi setelah melahirkan ini adalah hormon progesteron dan hormon prolaktin. Sedangkan faktor utama penyebab gangguan menstruasi adalah ketidak-seimbangan hormon.

Sebagaimana dijelaskan pula oleh Dr. Didi Dewanto, SpOG di website meetdoctor.com, bila Ibu menyusui ASI full tanpa MPASI, dia tidak akan mendapatkan menstruasi karena terjadi Hiperprolaktin. Namun jika Ibu menyusui sudah mendapatkan menstruasi normal, hal itu berarti Ibu sudah memasuki masa subur kembali. Jika Ibu ingin menunda kehamilan kembali, sebaiknya segera mencari alternatif KB lainnya

Jadi kesimpulannya tentang kapan datangnya menstruasi setelah melahirkan, tergantung pada apakah bayi mungil Anda menyusu dengan ASI, susu formula, atau kombinasi. Jika bayi Anda menyusu dengan susu formula, bisa jadi setelah masa nifas, Ibu akan segera mendapatkan menstruasi, semakin lama bayi menyusu ASI dengan kuantitas lebih banyak maka semakin lama menstruasi setelah melahirkan yang didapat Ibu. Hal ini juga dipengaruhi beberapa faktor lain seperti terjadinya sindrom baby blues, faktor kelelahan setelah melahirkan, keseimbangan hormon masing-masing wanita, dan semacamnya.
Back To Top