Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Cara Mengatasi rambut rontok pada ibu menyusui

Baca Juga

Cara Mengatasi rambut rontok pada ibu menyusui. Memiliki rambut indah tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita khususnya, wanita yang senang mengurai rambut apalagi rambut yang dimilikinya terurai panjang dengan struktur halus. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu cemas dengan kondisi kerontokan pada rambut Anda ketika menyusui karena hal tersebut termasuk ke dalam kategori normal dan jangan terlalu di fikirkan. Bahkan kerontokan pada rambut setelah selesai bersalin tidak akan menyebabkan kebotakan karena lambat laun rambut Anda akan kembali seperti semula dan normal kembali tepatnya setelah satu tahun dan akan terlihat seperti sebelum hamil dan melahirkan. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat menyusui yang akan kami bagikan di artikel kali ini.

Tips cara Mengatasi Rambut Rontok pada ibu menyusui Setelah Melahirkan
1. Konsumsi makanan bergizi
konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menjaga kekuatan rambut. Kandungan senyawa flavonoid dan antioksidan yang terdapat pada buah-buahan serta sayuran ini bermanfaat untuk menjaga keutuhan folikel rambut. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Maka dari itu, Anda bisa lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menjaga keutuhan rambut Anda.

2. Perlakukan rambut dengan lembut
Saat menyusui sebaiknya jangan perlakukan rambut Anda dengan cara yang kasar, lakukan rambut Anda dengan lembut untuk menghindari trauma yang terjadi di kulit kepala

3. Cara menyisir dengan benar
Bagaimanakah cara menyisir rambut yang benar ? Menyisir rambut dengan benar saat rambut dalam keadaan basah sebaiknya menggunakan sisir bergerigi yang jarang. Hal ini untuk menjaga rambut tertarik keluar saat di sisir.

4. Hindari penggunaan alat perawatan rambut
sebaiknya hindari menggunakan alat-alat perawatan rambut seperti hair dryer, catokan, alat rebonding dan sebagainya. Karena penggunaan alat-alat ini hanya akan membuat rambut menjadi panas dan mudah rontok.
5. Pilih shampoo yang cocok
Pilih shampoo yang cocok dengan jenis rambut Anda. Dengan memilih shampo yang cocok dan berkualitas ini, membuat rambut tidak mudah patah dan rontok.
6. Gunakan masker rambut alami
Sebaiknya gunakanlah masker-masker rambut alami yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun dan lain sebagainya. Dengan masker alami, membuat rambut Anda lebih terawat.

Nutrisi untuk Kesehatan Rambut

Biotin : daging, kacang kering, biji-bijian
B6 : daging, kacang-kacangan, biji-bijian
Asam omega 3 : salmon, biji-bijian, kacang makadamia, kenari
Tembaga : biji-bijian, buah kering, almon, sayuran
Zinc : biji-bijian, sayuran, daging, makanan laut

Jika anda mengalami masalah rambut rontok setelah melahirkan, ingatlah bahwa hal ini hanyalah bersifat sementara saja dan kabar baiknya adalah setiap ada rambut yang rontok, akan ada rambut baru yang tumbuh.
Back To Top