Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Mengenal Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit GERD

Baca Juga

GERD (Gastroesophageal reflux disease) ialah salah satu penyakit yang mampu dikatakan cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia namun sayangnya terkadang beberapa diantara kita sering kali tidak menyadari akan hal ini dan menganggap bahwa penyakit yang mereka alami ialah sakit maag biasa yang nantinya mampu sembuh dengan sendirinya apabila perut sudah terisi makanan. 

Meskipun terkadang gejala penyakit GERD ini hampir-hampir ibarat dengan sakit maag yaitu nyeri yang ditimbulkan sering kali hilang dan timbul tetapi tahukah Anda bahwa penyakit GERD tidaklah sama dengan penyakit maag karena penyakit GERD ialah salah satu penyakit kronis yang mampu mengakibatkan kanker kerongkongan atau kanker sehingga untuk itu kita tidak boleh mengabaikan penyakit GERD ini.

Mengenal Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit GERD



Apa Itu GERD

GERD ialah suatu kondisi dimana terjadinya kenaikan asam lambung menuju esofagus, yang mana hal ini akan mengakibatkan nyeri pada ulu hati dan terkadang juga mengakibatkan sensasi terbakar pada episode dada menjalar sampai kebagian dalam leher ataupun kerongkongan.

Gejala Penyakit GERD


- Nyeri dada (heartburn)
- Sakit Tenggorokan
- Mual
- Muntah
- Gangguan pencernaan
- Nyeri perut
- Batuk
- Kesulitan menelan
- Asma

Penyebab Penyakit GERD


- Obesitas atau kegemukan
- Hernia hiatus
- Pengosongan lambung yang tertunda
- Kehamilan
- Merokok
- Mulut kering
- Asma
- Diabetes melitus
- Gangguan jaringan ikat, ibarat skleroderma
- Pengkonsumsian obat-obat tertentu

Cara Mengobati GERD


1. Lidah Buaya
Anda mampu memanfaatkan pengecap buaya untuk mengobati penyakit GERD ini. Seperti yang kita ketahui bahwa pengecap buaya ialah salah satu tanaman yang mempunyai banyak khasiat bahkan selain untuk pengobatan luar, pengecap buaya juga mampu di konsumsi dengan cara di jus. Mengkonsumsi jus pengecap buaya secara rutin dan teratur tidak hanya membuat tubuh serta kulit menjadi sehat dan indah saja tetapi juga mampu membantu mengatasi penyakit GERD. Nah, bagi Anda yang telah di diagnosa terkena penyakit GERD maka selain mengkonsumsi obat-obatan dokter maka mampu juga mengkonsumsi jus pengecap buaya biar proses penyembuhan mampu berjalan dengan cepat. Cukup ambil beberapa batang pengecap buaya yang berukuran agak besar lalu kupas kulitnya dan ambil isi dalamnya. Setelah itu blender sampai halus dan minumlah jus pengecap buaya tersebut secara rutin serta teratur. Namun jangan berlebihan didalam mengkonsumsinya karena sesuatu yang berlebihan juga pasti tidak baik.

2. Antasida
Apabila Anda tidak suka mengkonsumsi pengecap buaya maka mampu menggantinya dengan antasida. Meskipun antasida ini ialah obat sakit maag tetapi juga mampu diandalkan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh penyakit GERD. Antasida akan menetralisir asam lambung didalam tubuh kita sehingga mampu sedikit menawarkan rasa nyaman pada perut kita. Contoh-contoh antasida yang mampu Anda beli di warung terdekat ialah promag, mylanta dan antasida doen.

3. Menjalani Gaya Hidup Sehat
Kemudian apabila Anda ingin penyakit ini cepat sembuh dan tidak kembali berulang maka benahi mulai dari sekarang gaya hidup Anda. Ada beberap hal yang harus Anda hindari, ibarat :

- Hindari makanan pedas, berlemak dan makanan yang mengandung coklat
- Jangan pernah berbaring setelah makan
- Kurangi merokok
- Jangan makan secara berlebihan biar berat tubuh tetaps tabil
- Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan asam

4. Operasi
Nah, apabila langkah-langkah diatas ibarat mengkonsumsi obat-obatan dan perubahan gaya hidup masih tidak mampu untuk mengatasi penyakit ini maka jalan terakhir yang mampu kita ambil yaitu operasi.


Itulah penjelasan mengenai apa saja gejala, penyebab serta cara mengatasi penyakit GERD. Semoga bermanfaat dan membantu menambah wawasan Anda.
Tag : kesehatan
Back To Top