Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Cara ampuh mencegah penyakit ginjal

Baca Juga

Cara ampuh mencegah penyakit ginjal. Penyebab gagal ginjal adalah penyakit diabetes type 2 dan tekanan darah tinggi. Ginjal adalah organ tubuh kita yang ambil bagian untuk tugas penyaringan sisa atau limbah tubuh, serta kelebihan cairan pada darah yang beredar dalam tubuh kita. Jadi jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka hanya akan ada 2 pilihan; tergantung dengan alat cuci darah seumur hidup, atau dilakukan transplantasi ginjal.

Secara alami ginjal juga bisa menurun kapasitas penyaringannya setelah seseorang berusia 30-40 tahun hingga sebesar 10%. Dan jika Anda meningkatkan beban kerja ginjal semenjak awal, maka resiko penyakit ginjal dikemudian hari pasti akan lebih tinggi.

Cara mencegah penyakit ginjal :

1. budayakan hidup sehat

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama dalam kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

2. kurangi asupan garam :

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

3. Minum banyak air putih setiap hari :

Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhindar dari dehidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. 

4. Jangan menahan buang air kecil :

jangan menahan buang air kecil karena jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.

5. Makan dengan benar:

Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.

Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

6. Minum-minuman yang sehat :

Termasuk minuman jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Hindari dan jangan berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.
7. Hindari alkohol dan merokok :

Kelebihan asupan alk*hol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Mer*kok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan – plus memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

8. Olahraga rutin
Berolahraga rutin, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal.

9. Hindari mengkonsumsi obat tanpa saran dari medis :

10. Hati-hati mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu :
Back To Top