Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Penyebab dan cara mengatasi batuk kering tidak berdahak

Baca Juga

Penyebab dan cara mengatasi batuk kering tidak berdahak. Dalam artikel sebelumnya, saya telah membahas tentang penyebab dan cara mengatasi batuk berdahak, dan kali ini saya akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi batuk kering tidak berdahak. yukk simak ulasan dibawah ini.

Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

Batuk merupakan penyakit yang sering kali kita anggap sepele, namun tahukan anda ternyata batuk juga bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Terutama batuk kering, yang bisa menyebabkan tenggorokan berdarah.

berikut ini penyebab batuk kering tidak berdahak :


1. Infeksi Pernafasan

Jika anda menderita infeksi pada saluran pernafasan, biasanya anda akan mengalami batuk kering tak berdahak. Batuk kering bisa saja berlangsung kurang lebih selama 2 minggu. Namun jika sakit berlanjut, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis dibidangnya.

2. Meningkatnya asam lambung

Hal ini bisa saja terjadi saat anda mengkonsumsi makanan pedas yang bisa menjadi penyebab meningkatnya jumlah asam lambung dalam tubuh anda. Sehingga asam lambung naik ke tenggorokan.

3. Penyakit Serius dan berbahaya

Batuk juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis penyakit serius seperti radang paru-paru, atau bahkan kanker.

4. Effek Samping Obat
Beberapa obat juga bisa menimbulkan efek samping yang bisa jadi penyebab batuk kering. Karena sebagian obat sifatnya untuk mengontrol tekanan darah yang bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan terjadinya batuk kering.

5. Reaksi Alergi
Salah satu penyebab batuk kering yang karena adanya alergi, yang menyebabkan tenggorokan gatal mata memerah atau iritasi dan menyebabkan batuk kering. Untuk menghentikan batuk karena alergi, anda harus bisa menemukan penyebab alergi terlebih dahulu, agar anda bisa mengobati batuk kering



Tips untuk Mengobati Batuk Kering

  • Jauhi tempat yang berdebu dan tempat yang dingin.
  • Jaga agar kondisi tubuh Anda tetap hangat, untuk itu pakailah jaket, syal, selimut atau apapun itu yang bisa membuat anda hangat.
  • Usahakan jika anda mandi, pakailah air hangat
  • jangan meminum minuman keras dan hindari merokok
  • Jangan bekerja terlalu keras hingga membuat badan anda drop, istirahatlah secara teratur
  • Perbanyaklah minum air putih, minimal 7-8 gelas / harinya



Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Kering

1. Daun Kemangi
Cara membuat ramuannya yaitu, sediakan 5-7 lembar daun kemangi, kemudian rebus dalam 1-2 gelas air, saringlah air rebusan dari daun kemangi tersebut dan minum air rebusan daun kemangi tersebut minimal 1x/ hari hingga batuk anda benar-benar sembuh

2. Belimbing wuluh
Sediakan 5-10 buah blimbing wuluh, kemudian cuci dan haluskan menggunakan blender. Selanjutnya campurkan dengan 1 cangkir air masak dan sedikit garam. Kemudian peras dan saring campuran buah belimbing wuluh tersebut dan minumlah 2 x sehari setiap pagi dan petang hingga batuk anda sembuh.

3. Kencur
Sediakan bahan yaitu 1 rimpang kencur, kemudian cuci dan kunyah halus dengan sedikit garam. Kemudian telan sambil dibantu dengan meminum air hangat. Lakukan pengobatan ini 2 x sehari, pagi dan sore hari.

4. Kunyit
Selain ampuh mengobati penyakit maag, ternyata kunyit juga bisa dijadian sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering. Cara pembuatannya adalah tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

4. Bunga mawar
caranya cukup mudah, ambil bunga mawar segar kurang lebih sekitar sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu secukupnya. Minum sebanyak dua kali sehari, hingga batuk anda berkurang dan sembuh. (cara ini belum saya coba)

6. Daun asam muda
Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

7. Campuran Teh dan Jahe
Caranya sediakan 1 jari jahe dan segelas teh hangat / agak panas. Setelah itu cuci bersih jahe tersebut dan iris, selanjutnya campurkan dengan teh yang diseduh dengan air hangat/agak panas tadi. Setelah itu minumlah 2x sehari.

Nahh itulah tadi penyebab dan cara mengatasi batuk kering tidak berdahak, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua.
Back To Top