Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Cara mengobati batuk berdarah

Baca Juga

Cara mengobati batuk berdarah. Batuk berdarah tidak boleh dibiarkan begitu saja, batuk berdarah harus segera ditangani dan diatasi OLEH DOKTER, jika tidak, bisa membahayakan nyawa penderitanya. 

Berikut ini cara mengobati batuk berdarah yang harus anda ketahui :

BACA JUGA : PENYEBAB BATUK BERDARAH

1. Embolisasi

Embolisasi dibagian arteri bronkial merupakan pengobatan yang dilakukan untuk menghentikan pendarahan yang ada di bagian paru-paru dan juga di aliran pembuluh darah. Caranya adalah dengan menyuntikkan dan memasukkan zat tertentu di dalam pembuluh darah arteri.

2. Bronkoskopi

Pengobatan dengan cara bronkoskopi bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdarah. Caranya adalah dokter akan melihat sumber dari pendarahan, setelah sumber pendarahan ditemukan dokter akan menutup sumber pendarahan tersebut menggunakan tekanan yang mengembang pada ujung alat bronkoskopi tersebut.

3. Operasi

Jika batuk berdarah sudah dalam tahap parah, medis akan melakukan tindakan pembedahan. Terutama jika pendarahan itu berasal dari paru-paru. Dokter akan melakukan tindakan bedah untuk memperbaiki dan mengobati paru-paru yang terkena pendarahan. Bahkan ada tindakan operasi yang digunakan untuk mengangkat paru-paru atau biasa yang disebut dengan pneumonectomy.

4. Obat-Obatan

Untuk menghentikan pendarahan saat batuk, dokter akan memberikan obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang akan diberikan adalah sebagai berikut ini :
Obat antibiotik untuk membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit TBC.
Obat kemoterapi dan juga tindakan radiasi untuk pengobatan kanker paru-paru.
Obat steroids untuk kondisi batuk berdarah yang disebabkan oleh peradangan.

5. Ramuan Tradisonal

Untuk mengatasi penyebab batuk berdarah yang disebabkan oleh iritasi dan infeksi, anda bisa mengobatinya menggunakan ramuan tradisional untuk mengatasi batuk berdarah tersebut. Berikut ini ramuan yang bisa digunakan untuk mengobati batik berdarah :
1.Kunir dan kencur

Kunir dan kencur selama ini dikenal sebagai obat keluarga atau toga yang bisa bermanfaat untuk meredakan batuk berdarah. Caranya adalah dengan membersihkan kunir dan juga kencur. Kupas kulitnya. Haluskan kunir dan kencur tersebut secara bersamaan. Rebus kunir dan kencur yang telah dihaluskan tadi menggunakan air yang mendidih. Bisa ditambahkan menggunakan gula jawa. Minum saat pagi dan juga sore hari.
2.Daun sendok

Ambil daun sendok yang masih segar sebanyak 60 gram, gula batu 30 gram. 
Caranya adalah mencuci bersih daun sendok hingga bersih. Masukkan ke dalam wadah yang terdapat air bersih, rendam selama 15 menit. Kemudian rebus selama 15 menit dan diatmbahkan dengan gula batu. Saat masih hangat, minumlah air rebusan itu dua kali sehari secara teratur.

3.Bunga sepatu

Ramuan yang ketiga anda bisa menggunakan ramuan dari bunga kembang sepatu yang belum mekar alias masih kuncup sebanyak 2 kuntum, madu sebanyak 2 sendok teh. 
Cara membuatnya adalah cuci bunga sepatu sampai bersih, remas-remas bunga sepatu itu dan masukkan ke dalam panci berisi dua gelas air. Rebus sampai mendidih. Tutup panci tersebut dan biarkan selama semalam. Saring dan tambahkan madu air ramuan tersebut. Setelah itu minum satu kali sehari pada saat pagi hari dan sebelum anda makan pagi.

4.Ketumbar

Caranya adalah dengan merendam ketumbar dalam larutan cuka, kemudian minumlah air rendaman tersebut setelah menyaringnya. Jika terlalu asam, anda bisa menambahkannya dengan sedikit gula.
5.Kayu manis

Caranya adalah dengan merebus kayu manis sampai mendidih, campurkan dengan gula dan juga madu. Saring kemudian minum air rebusannya secara teratur.
6.Susu kambing

Susu kambing bisa digunakan untuk meredakan batuk berdarah. Susu kambing dari Sumbawa dan juga susu kambing etawa dipercaya bisa meredakan batuk berdarah.
7.Teratai

Caranya adalah dengan mencuci bersih rimpang teratai tersebut kemudian dijus rimpangnya dengan ditambahkan air sebanyak 200 cc air. Saring jus tersebut, kemudian minum jusnya secara teratur sebanyak 5 kali dalam sehari.
Back To Top