Seputar lingkup kesehatan dan tips kesehatan

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Baca Juga

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala. Tidur merupakan aktifitas yang wajib dan rutin dilakukan setiap orang, baik malam ataupun siang hari. Beberapa orang melakukan tidur pada siang hari untuk menyegarkan kembali tenaga saat sedang istirahat dari aktifitas, tapi yang mayoritas orang pasti lakukan adalah tidur pada malam hari. Tidur malam adalah sebuah aktifitas untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktifitas.


Tidur adalah aktifitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan tidur dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan mudah lupa. Kekurangan tidur berarti tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menuntun tubuh pada gangguan kesehatan yang cukup berbahaya seperti stroke, diabetes, obesitas, hipertensi, dll. Waktu yang direkomendasikan untuk tidur adalah sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa, dan kurang lebih 10 jam bagi anak-anak dan remaja.
beberapa orang merasa takut dan tidak nyaman jika harus mematikan lampu dan keadaan ruangan menjadi gelap total.

Tidur malam dengan kondisi ruangan yang gelap total dapat memberikan efek kesehatan yang bagus pada tubuh. Lalu apakah anda tahu bahwa tidur malam dengan lampu menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius? nahh kali ini saya akan berbagi info kesehatan tentang bahaya tidur dengan lampu menyala.


Bahaya tidur dengan lampu yang menyala :

1. Dapat menghambat produksi melatonin

Salah satu bahaya tidur dengan lampu menyala adalah menghambat produksi dari melatonin atau paling tidak produksi dari melatoin menjadi kurang optimal. Apa itu melatonin? Melatonin merupakan salah satu jenis enzim yang mampu menjaga tubuh dari perkembangan sel tumor dan juga kanker. Singkatnya, melatonin dapat membantu tubuh dalam memerangi penyakit kanker dan juga tumor ganas. Sel melatonin ini tidak dapat berkembang dengan baik, apabila ketika tidur dengan lmapu menyala terang akan menyebabkan produksinya terhambat.

2. Menyebabkan gangguan tidur

Bahaya tidur dengan lampu menyala adalah meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan tidur. Biasanya terdapat berbagai gangguan tidur, dan yang paling sering muncul adalah gangguan insomnia, yaitu tidak bisa tidur sehingga harus terjaga semalaman. 

3. Kualitas tidur yang menurun

Munculnya gangguan tidur yang disebabkan oleh penggunaan lampu yang menyala akan sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. 

4. Rasa pegal pada mata

Tidur dengan lampu menyala juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mata anda. Mata akan menjadi sering merasa pegal, terutama ketika anda mencoba untuk memejamkan mata anda dan ingin tidur. Hal ini akan menyebabkan otot dari kelopak mata anda menjadi tegang dan membuat mata anda terasa pegal pada keesokan harinya, dan meningkatkan gangguan mata, seperti mata gatal dan juga merah.

5. Gangguan pada sistem metabolisme tubuh

Bahaya tidur dengan lampu menyala bagi kesehatan tubuh kita adalah dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh merupakan salah satu hal penting dari tubuh kita. Karena dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh, maka asupan kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral, serta semua siklusnya akan berjalan dengan baik. Namun, apabila metabolisme tubuh tidak berjalan dengan optimal dan baik, maka dapat berefek pada menurunnya konsentrasi, tubuh terasa lemas, mudah merasa lelah, dan juga daya tahan serta imunitas tubuh yang menurun, yang menyebabkan anda dapat terserang penyakit.

6. Dapat meningkatkan tanda-tanda depresi

Beberapa penelitian ternyata juga mengungkapkan bahaya lain dari tidur dengan lampu menyala, yaitu dapat meningkatkandepresi. Ya, kondisi pikiran anda akan mengalami depresi apabila anda sering tidur dengan lampu menyala, yang akan menambah beban pikiran anda, sehingga menyebabkan kualitas tidur anda pun akan menjadi sangat buruk.
Back To Top